Mi 5S dan Mi 5S Plus

RatuBerita - Akhirnya Xiaomi merilis perangkat terbarunya sesuai janji, perangkat terbaru tersebut adalah Mi 5S dan Mi 5S Plus. Kedua perangkat terbaru tersebut memiliki desai yang sangat mirip dengan pendahulunya Mi 5.

Mi 5S menggunakan chipset dari Qualcomm, yakni Snapdragon 821. Untuk memorinya terdapat dua varian, yakni RAM 3GB untuk penyimpanan internal 64GB dan RAM 4GB untuk kapasitas penyimpanan internal sebesar 128GB. Smartphone ini menggunakan memori UFS 2.0 berkecepatan tinggi untuk memberikan performa yang mengagumkan.

Untuk model Mi 5s memiliki layar seluas  5.15 inci dengan resolusi Full HD 1080p dengan tingkat kecerahan hingga 600 nits. Fitur lain pada layar ini termasuk mendukung NTSC color gamut hingga 95% dan saturasi warna yang tinggi. Selain itu, bakal ada juga fitur Force Touch yang mendukung sensitivitas tekanan tinggi tetapi hanya hadir pada model RAM 4GB + ROM 128GB.

Untuk spesifikasi sudah tidak heran lagi jika smartphone ini mengusung hardware papan atas. Namun ada yang menjadi sorotan, yakni teknologi sensor fingerprint ultrasonic dari Qualcomm. Teknologi ini memungkinkan sensor berada di bawah kaca, sehingga tidak terlihat dari pandangan kita. Selain itu, sensor ini juga diklaim lebih cepat dan akurat meski tangan berkeringat atau basah.

Untuk sektor fotografi smartphone ini juga unggul, di mana Mi 5s telah mengusung kamera utama 12MP Sony IMX378 1/2.3″ sensor 1.55um, yang 61% lebih besar daripada yang digunakan iPhone 6S Plus. Selain itu smartphone ini telah mengusung modul dual kamera di belakang. Sementara untuk selfie, Anda dapat menggunakan kamera depan 4MP Ultrapixel dengan aperture f/2.0, sudut pandang hingga 80 derajat dan teknologi pengenalan wajah.

mi 5s plus

Xiaomi Mi 5s Plus hadir dengan body yang semuanya terbuat dari logam, namun smartphone ini dilengkapi dengan layar yang jauh lebih besar, untuk memenuhi kebutuhan mereka yang menginginkan sesuatu untuk hiburan dan game. Jadi, itu semacam versi bongsor dari Mi 5s, di mana smartphone ini memiliki layar seluas 5.7 inci degan resolusi FHD 1080p.

Xiaomi Mi 5s Plus memiliki dimensi 154.6mm x 77.9mm dan berat 168 gram. Smartphone ini juga bakal mengusung kaca 2.5D dan ada pilihan empat warna, yakni silver, abu-abu gelap, rose gold dan emas. Meski Mi 5s datang dengan sensor fingerprint ultrasonic yang berada di bawah kaca, entah karena alasan apa Mi 5s Plus menggunakan sensor fingerprint ultrasonic yang terletak di bagian belakang.

Sama seperti Mi 5s, Mi 5S Plus hadir dengan chipset powerfull Snapdragon 821 dengan dua pilihan memori 4GB RAM + 64GB ROM dan 6GB RAM + 128GB ROM. RAM adalah LPDDR4 dan penyimpanan yang digunakan adalah standar UFS 2.0. Dengan spesifikasi high-end, Mi 5S Plus berhasil mencetak skor 164.119 di AnTuTu v6.1.9.

Smartphone ini juga mengusung setup dual-kamera 13MP dari Sony, salah satu sensor RGB standar yang menangkap informasi warna, dan yang lainnya adalah sensor hitam putih. Kamera dikatakan cukup baik, terutama karena menggunakan teknologi ClearSight, sehingga meningkatkan rincian kaya dan membatasi noise di gambar.

Harga

Mi 5S hadir dalam 4 pilihan warna, dark gray, silver, gold dan pink gold. Harganya ponsel ini adalah USD 300 atau sekitar Rp 3,8 juta (USD 1 = Rp 12.950) hingga USD 345 untuk versi termahal. Sementara Mi 5S Plus versi termurah (RAM 4 GB) dijual dengan harga USD 345, dan versi RAM 6 GB dijual dengan harga USD 390.