derby manchester

RatuBerita - Duo Manchester yaitu Manchester United dan Manchester City akan menjalani Derby Manchester nanti malam. Derby ini akan dilangsung di kandang MU Old Trafford Stadium pada Sabtu(10/9/2016).

Sebagai tim yang difavoritkan meraih gelar juara, baik MU maupun City tentunya mempersiapkan diri sebaik mungkin termasuk membangun kekuatan secara besar-besaran. Kebetulan, keduanya melakukan pergantian manajer tim di musim ini. MU memecat Louis Van Gaal dan menggantinya dengan Jose Mourinho. Di sisi lain, City menyerahkan jabatan Manuel Pellegrini ke Josep Guardiola.

Sebelumnya derby ini Jose Mourinho dan Josep Guardiola sudah sering berhadapan. Di Liga Spanyol keduanya pernah bertemu ketika menanganani Tim Real Madrid dan Barcelona. Sebelum itu mereka juga pernah bertemu, Mourinho pernah menangani Inter Milan dan saat itu ia mengalahkan Guardiola di final Liga Champions musim 2009/2010. Secara keseluruhan, keduanya sudah 16 kali bertemu. Dari kesempatan tersebut, Guardiola menang tujuh kali sedangkan Mourinho hanya tiga kali. Sementara enam pertandingan lainnya berakhir dengan skor imbang.

Meski demikian, Mourinho tidak peduli dengan data tersebut. Menurutnya laga sebesar Derby Manchester merupakan momen yang berbeda dan hasil pertemuan sebelumnya tidak bisa dijadikan sebagai tolok ukur.

"Saya tidak tertarik membahas itu (data head to head). Ini situasi yang berbeda. Barcelona adalah Barcelona, bukan Manchester City. Sedangkan Inter Milan dan Real Madrid bukan Manchester United. Kami memiliki pemain, filosofi pertandingan dan kompetisi yang berbeda," tegas Mourinho yang dikutip dari Sky Sports.

Hal senada diungkapkan Guardiola. Pelatih kebangsaan Spanyol itu tidak mau terpengaruh pada sejarah pertemuannya dengan Mourinho.

"Kami sering bertemu, dia (Mourinho) ingin menang dan saya juga begitu. Tapi pertandingan ini untuk skuat City dan para pemain MU. Menurut saya, itulah yang terpenting," ucap Guardiola.

Terlepas dari sosok kedua pelatih, laga ini juga diwarnai dengan keberadaan pemain-pemain bintang dunia. Pada bursa transfer musim panas lalu, MU menghabiskan 156 juta pounds atau setara Rp 2,7 triliun. Uang tersebut digunakan untuk memboyong empat pemain yakni Eric Baily, Zlatan Ibrahimovic, Henrikh Mkhitaryan dan Paul Pogba.

Di sisi lain, City mengeluarkan 148,5 juta pounds atau Rp 2,5 triliun. Tabungan mereka telah dikuras demi mengamankan jasa Nolito, Ilkay Gundogan, Leroy Sane, Marlos Moreno, John Stones dan Claudio Bravo.

Melihat data tersebut, Derby Manchester sukses mencatatkan diri sebagai pertandingan sepak bola termewah sejagat raya. Pada musim sebelumnya, rekor ini dipegang duel Real Madrid kontra Barcelona. Namun sekarang, Derby Manchester melebihi segalanya.

Dari starting XI kedua tim, jumlah uang yang terkumpul nyaris menyentuh angka 700 juta poundsterling atau sekitar Rp 12,2 triliun. Skuat MU saat ini bernilai 366,3 juta pounds atau Rp 6,3 triliun. Sedangkan skuat City mencatatkan jumlah 319,4 juta pounds atau Rp 5,5 triliun.

Dengan data-data yang luar biasa tersebut, siapakah yang keluar sebagai pemenang dalam Derby Manchester edisi pertama musim 2016/2017? Jawabannya kita tunggu saja sampai nanti malam.