Ahok jadi tersangka

RatuBerita - Basuki Tjahaja Purnama atau yang biasa disebut Ahok, akhirnya ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus penistaan agama. Penetapan status tersangka Ahok dilakukan hari ini Rabu(16/11/2016) oleh Penyidik Badan Reserse Kriminal Polri.

Sebelum penetapan ini Polisi telah memeriksa 39 saksi yang dilakukan pada minggu kemarin. Dan pada selasa kemarin telah dilakukan gelar perkara.

Bareskrim Selasa kemarin melangsungkan gelar perkara kasus Ahok, di Ruang Rapat Utama Mabes Polri. Gelar perkara yang berlangsung lebih dari 10 jam, mulai pukul 09.30 WIB hingga 20.00 WIB.

Proses gelar perkara menghadirkan 18 saksi ahli dari pihak kepolisian, pelapor, dan terlapor. Tampak hadir di antaranya Ketua Front Pembela Islam Rizieq Shihab, mantan pelaksana tugas Wakil Ketua Komisi Pemberantas Korupsi Indrianto Seno Adji, dan juga berbagai para saksi ahli, Kejaksaan, Komisi Kepolisian Nasional, Ombudsman RI dan anggota Komisi III DPR.

Penyelidikan Ahok ini, bermula dari ucapan Ahok yang menyebutkan Surat Al Maidah 51 di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara.  Atas ucapan Ahok ini, polri telah menerima 14 laporan polisi mulai 6, 7, 9 sampai dengan 12 Oktober 2016 dengan laporan dugaan penistaan agama yang dilakukan Ahok.

Dari kasus ini, sempat memancing dua kali demonstrasi besar-besaran. Terakhir, 4 November lalu, ribuan orang dari seluruh Indonesia memenuhi area sekitar istana negara untuk menuntut Ahok segera diproses hukum.